Jumat, 14 Juni 2013

Menggunjing , Fitnah Dan Adu Domba

  • MENGGUNJING
    Menggunjing (ghibah) adalah membicarakan keburukan (aib) orang lain . orang yang sering melakukan ghibah terhadap sesama dilatarbelakangi oleh beberapa motivasi antara lain :
    1. Menceritakan keburukan seseorang kepada oranglain karena ingin menjatuhkannya.
    2. Menceritakan keburukan seseorang kepada oranglain sekedar haya dijadikan sebagai teman gurauan.
  • Sifat ghibah menunjukkan bahwa pelakunya memiliki jiwa yang sakit, tidak ada yang menjadi keinginannya kecuali melihat orang bertengkar dan bermusuhan, maka dari itu agama Islam melarang seseorang melakukan ghibah.
    Cara menjauhi perilaku menggunjing :
    1. Jangan mudah percaya terhadap berita yang kita dengar sebelum diteliti terlebih dahulu kebenarannya sehingga tidak menyesal bila berita itu membawa akibat buruk.
    2. Kita tinggalkan berita yang kita dengar bila tidak berkepentingan.
    3. Memperbanyak meneliti keburukan diri sediri.
    4. Membiasakan lidah berdzikir dan menanamkan pengertian bahwa menggunjing itu adalah dosa karena itu sangat dilarang oleh agama Islam.


    ADU DOMBA
    Adu Domba (al-namimah) adalah upaya manusia membenturkan seseorang dengan orang lain , dengan cara memindahkan perkataan seseorang kepada orang lain. Perkatan buruk seseorang dipindah kepada orang lain disebut “kalamu zil wajhain” dalam ilmu akhlak dan termasuk tindakan yang mendatangkan dosa, maka sangat diarang dalam agama.


    FITNAH
    Fitnah adalah perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang ( seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang ). Dalam Al quran fitnah disebut dengan istilah ifkum atau buhtan yang secara harfiah berarti kebohongan.
    Perbuatan fitnah sangatlah bernahaya karena pihak yang sama sekali tidak bersalah bisa menjadi tertuduh dan dihakimi sebagai pihak yang benar-benar telah melakukan kesalahan. Kemudharatan begitu besar, baik bagi kehidupan pribadi maupu sosial.
    Seorang muslim jika terperangkap dalam fitnah maka harus segera bertaubat. Bila tidak segera bertaubat sebelum matinya Allah akan memberi balasan dengan disediakannya Jahanam.
    Fitnah akan menimbulkan tindakan yang tidak terpuji antara lain :
    1. Kebencian
    2. Permusuha n
    3. Perpecahan
    4. Pembunuhan 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar